Jumat, 27 Agustus 2010

FORGET A SPECIAL ONE? IMPOSSIBLE!


“Lupain aja aku, aku ngga pantas buat kamu.” Dari seluruh kalimat itu, yang paling aku benci adalah ‘lupakan aku’. Kata yang paling sering diucapin orang yang mutusin pacarnya. Hei, sadar ataupun tidak, otak kita tidak diciptakan untuk melupakan tetapi untuk mengingat. Otak kita seperti sebuah komputer dengan harddisk tak terhingga, bisa menampung apapun. Semua informasi yang diterima akan diinput kedalam otak kita dan akan dipilah-pilah mana yang perlu disimpan atau mana yang tidak perlu. Semua file kenangan yang ada akan tersimpan dalam folder-folder otak kita. Saat diperlukan, maka file-file tersebut akan ditampilkan dalam tempat utama. Jika tidak, maka akan dibiarkan tak tersentuh.


Dengan sistem secanggih ini, bagaimana mungkin kita bisa melupakan sesuatu? Bukan kah ingatan masa kecil kita pun sering muncul dalam kepala kita? Ini menunjukan, semua file penting dalam kehidupan kita telah tersimpan rapih dalam folder dan menunggu saatnya untuk muncul dalam kepala kita.


Bagaimana bisa anda meminta pada orang yang pernah mencintai anda untuk melupakan diri anda? Tidak seorang pun bisa melupakan seseorang yang pernah dia cintai, pernah mengisi kehidupannya, pernah mengukir berjuta cerita di hati dan benaknya. Semua kenangan itu tersimpan dalam folder pribadi yang bernama ‘cinta’ dan dalam subfolder ‘pasangan hidup’. Ya, folder dan subfolder ini tidak akan pernah hilang ataupun terhapus dan akan muncul terus-menerus. Dan walaupun anda tidak lagi menempati folder itu, anda akan tetap dikenang.


Coba anda pikirkan, saat anda bertemu mantan anda apakah anda melupakannya? Apakah anda tidak mengenalnya? Apakah anda tidak mengingat namanya? Apakah anda tidak mengingat hari ulang tahunnya? Apakah anda tidak mengingat kebiasaannya? Dan apakah anda tidak mengingat semua hal tentang dia? Tak perlu anda menunggu lebih lama, karena jawabannya pasti TIDAK! Apalagi jika orang tersebut pernah sangat berarti di hidup anda. Semua hal tentang mantan anda itu akan selalu teringat. Sekeras papun anda berniat melupakan sosok itu, tetap saja tidak akan bisa. Jadi percuma jika anda meminta atu mungkin anda diminta melupakan. Sia-sia. Sekali lagi, otak kita diciptakan untuk mengingat bukan melupakan.


Ingat, jika anda meminta untuk dilupakan maka itu salah apalagi jika anda meminta pada orang yang sangat mencintai anda. Itu sebuah permintaan yang tidak mungkin dilakukan, dan tidak bisa dipenuhi. Maaf saja, dari awal sudah kutuliskan, otak kita diciptakan untuk mengingat, bukan melupakan. Yang bisa anda minta adalah, “keluarkan kenangan kita dari folder ‘cinta’ dan subfolder ‘pasangan hidup’ itu.” Hanya itu yang bisa anda minta, karena tidak ada program ‘delete’ dalam kepala kita. Selanjutnya, tinggal anda lihat saja, apakah kenangan itu akan berakhir dalam folder ‘sahabat’ atau dalam folder ‘musuh.’


Are you ask me to forget everything about you?
No I can’t, I just can move all about you to ‘friendship’ or to ‘enemy’ but its too hard.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar